DAMPAK NEGATIVE PENYANGKALAN (DENIAL) MENGENAI TUMBUH KEMBANG ANAK

Saat anak mengalami hambatan dalam tumbuh kembangnya apa yang dapat orang tua lakukan ?. Menerima dan memahami bahwa anak memerlukan bantuan orang tuanya untuk mencari alternative terapi atau penanganan para ahli yang tepat. Dan yang paling penting dari semua itu : Orang tua menerima kekurangan anak dan berpikiran bahwa anak membutuhkan bantuan secepatnya dari ahlinya untuk menunjang tumbuh kembangnya.

TIDAK ADA GUNANYA ORANG TUA MELAKUKAN PENYANGKALAN (DENIAL) sebagai contoh “anakku ngak kenapa-kenapa”/ “anakku baik-baik saja”, padahal jauh dilubuk hatinya ia dapat melihat dan merasakan anaknya mengalami hambatan secara psikologis.Jika orang tua masih saja melakukan penyangkalan (Denial), bagaimana bisa untuk segera berbenah diri dan bagaimana bisa anak mendapatkan bantuan yang tepat ?

Kunci keberhasilan sebuah terapi ternyata bukan dari penanganan yang diberikan oleh Psikolog, Dokter ataupun Terapis, Tetapi dukungan, keterbukan dan tidak adanya penyangkalan atau penolakan dari orang tuanya.

Pahami dan cermati, apakah anak sudah melewati setiap tahapan tumbuh kembangnya dengan tepat sesuai dengan usianya, yaitu erkembangan fisik, kognitif (berfikir), bicara, perilaku dan social.

Apabila melihat adanya keterlambatan atau hambatandari tumbuh kembang anak, akui dan cari bantuan ahli secepatnya atau sesegera mungkin.

Akhirnya, semoga kita semua dapat menjadi orang tua yang amanah dalam menjaga titipan-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *