Apa Saja Kesalahan Mendidik Anak Laki-Laki Yang Sering Ortu Tidak Sadari

Tanpa disadari kadang kita sebagai ortu melakukan kesalahan dalam mendidik anak laki-laki. Saat tuntutan yang salah ini diterapkan, akan membentuk karakter dan bisa saja mempengaruhi masa depannya.

Apa saja kesalahan mendidik anak laki-laki yang sering ortu tidak sadari?

1. MEMINTA ANAK LAKI-LAKI UNTUK TIDAK MENANGIS

Padahal sebagai manusia, wajar jika ia menangis saat dalam keadaan yang membuatnya bersedih atau kecewa. Jangan sampai ucapan ini bikin anak laki-laki merasa kalau emosinya harus ditahan dan mereka belajar bahwa perasaan yang alami ini tidak boleh diungkapkan.

2. ANAK LAKI-LAKI HARUS PEMBERANI

Ada kalanya ia juga merasa takut akan sesuatu, dan ini wajar dalam tumbuh kembangnya. Daripada menuntutnya untuk menjadi pemberani, lebih baik ortu mengajarkan anak laki-laki meminimalisir rasa takutnya.

3. ANAK LAKI-LAKI TIDAK BOLEH MENGERJAKAN APA YANG BIASA DILAKUKAN ANAK PEREMPUAN

Pekerjaan seperti membersihkan rumah, memasak, mencuci baju atau piring adalah practical life skill yang harus dipelajari baik anak perempuan maupun laki-laki. Kemampuan ini harusnya dipelajari sejak dini agar anak bisa mandiri. Bagaimana jika suatu saat nanti anak laki-laki tinggal sendiri di rantau?

Dear Parents,

Kira-kira tuntutan apa lagi yang biasanya diberikan untuk anak laki-laki?

#parenting #mendidikanak #anaklakilaki #orangtua #orangtuahebat #belajarjadiorangtua #caramendidikanak #mendidikanaklakilaki #ilmuparenting #pendidikananak #pendidikankarakter #psikolog

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.