5 Tips Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak

1. Sebelum mengajarkan anak untuk lebih percaya diri, kita sebagai orang tua yang pertama kali menyakinkan diri kita sendiri bahwa anak kita bisa melakukan banyak hal dengan baik. Kekuatan pikiran kita, mendorong anak menjadi lebih percaya diri dalam menguasai berbagai hal dengan mudah.

2. Berikan anak kesempatan untuk belajar sedini mungkin, bahkan saat Ia belum mampu melakukannya dengan sempurna. Misalnya menyuap makanannya sendiri meskipun masih berantakan, mengikat sepatunya sendiri meskipun masih belum tepat, atau memakai baju sendiri meskipun masih terbalik.

3. Selalu berikan kata-kata positif untuk anak-anak kita. Coba bisakan anak untuk mengganti kata “aku tidak bisa” menjadi “aku belum bisa dan terus belajar”. Dengan demikian, akan mendorong anak untuk terus mencoba dan tidak mudah menyerah.

4. Hindari kata-kata yang bersifat menjatuhkan dengan harapan Ia akan menjadi lebih baik, seperti “begini saja tidak bisa”. Kata-kata yang kita keluarkan adalah do’a, saat kita memberikan label negatif untuk anak, hal ini hanya akan membuat Ia merasa seperti yang kita katakan.

 

Gali dan kembangkan potensi yang Ia miliki dengan memberinya tempat untuk Ia belajar. Misalnya les menari, les musik, olahraga, atau melukis. Saat anak memiliki suatu keahlian, maka Ia akan menjadi lebih percaya diri terutama dalam lingkungan sosial.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *