DAMPAK BERMAIN GADGET

DAMPAK BERMAIN GADGET

Dear Moms, ternyata masih banyak yah permainan yg lebih berguna untuk anak daripada bermain gadget, menonton TV, atau bermain laptop/komputer. Salah satu permainan edukatif yang bisa menjadi alternatif permainan adalah LEGO. Berguna untuk mengasah kreativitas, imajinasi, serta melatih kemampuan koordinasi motorik halus anak.

Bukannya anak sama sekali nggak boleh bermain gadget (dan sejenisnya). Tapi ingat Moms, SCREEN TIME untuk anak maksimal 2 jam saja perhari. IYAA.. DUA JAM SAJA DALAM SEHARI SEMALAM ✌

Apa tuh SCREEN TIME?
Screen time adalah waktu yang digunakan anak untuk bermain gadget, menonton TV, atau bermain laptop/komputer.

Apa yang terjadi kalau anak terlalu lama menghabiskan waktunya untuk SCREEN TIME?
Dampaknya cukup banyak Moms. Antara lain :
1. Keterlambatan bicara, karena saat SCREEN TIME minim sekali anak melakukan komunikasi. Sekalipun tidak ada keterlambatan dalam berbicara, biasanya bahasa yang anak gunakan adalah bahasa pasif karena anak tidak terbiasa berbicara secara aktif.
2. Kurangnya kemampuan motorik, khususnya motorik halus seperti menulis. Saat anak terlalu lama SCREEN TIME terutama menggunakan gadget, anak terbiasa menggunakan jari-jari kecilnya dengan sedikit tenaga (hanya dengan sedikit sentuhan saja layar bisa berganti sesuai dengan keinginan anak). Padahal, saat anak belajar menulis, koordinasi antara mata dan tangan sangat penting. Anak harus terampil dalam menggunakan jari-jarinya untuk membuat tulisan yang baik dan rapi.
3. Kurangnya kemampuan anak untuk bersosialisasi dan mengeksplorasi lingkungannya. Moms, saat anak terpapar gadget (dan sejenisnya), anak seakan-akan melupakan hal-hal disekelilingnya. Mata mungilnya terpana dengan apa yang ia lihat di layar. Masa kecilnya terlalu singkat apabila ia habiskan hanya untuk SCREEN TIME. Masih banyak yang dapat anak lakukan dengan kemampuan imajinasinya yang luar biasa.

Masih banyak dampak negatif lainnya. Intinya, sesuatu yang berlebihan itu efeknya buruk.
So, mulai sekarang perhatikan SCREEN TIME untuk anak. Maksimal 2 jam saja yaa, Moms. Pastikan juga saat ortu bekerja, PRT tidak menyuguhi gadget/TV untuk mendiamkan anak di rumah.

Salam,
Maria Ulfah Hanafie M.Psi., Psikolog

#psikologanak #psikologremaja #psikolog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *